-->
Humas

Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI Tahun 2016

Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik baik mengenai substansi pelajaran maupun perkembangan kreativitas, daya nalar, sikap, dan budi pekerti para peserta didik. Oleh karena itu, kompetisi atau lomba kemampuan peserta didik dalam bentuk olimpiade mata pelajaran untuk seluruh daerah perlu diadakan, agar semangat dan komitmen
para praktisi pendidikan di daerah tetap terpelihara dan memungkinkan mereka selalu
berupaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI dan atau yang sederajat telah dirintis sejak tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan di atas. Pelaksanaan olimpiade secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Olimpiade Sains Nasional untuk peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat ini diselenggarakan untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.

Tujuan Umum Olimpiade Sains Nasional tingkat SD tahun 2016 diadakan untuk menyediakan suatu wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan Khusus
Tujuan khusus OSN tingkat SD tahun 2016 adalah sebagai berikut :  
  • Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi dan mengembangkan seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya. 
  • Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga peserta didik dapat memacu kemampuan berpikir nalar.
  • Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD/MI dan atau yang sederajat.
TEMA “Olimpiade Sains Nasional tingkat SD Tahun 2016 :
"Membangun Manusia Mandiri, Tangguh, Inovatif, dan Berintegritas”
 
berikut ini juknis mengenai Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI Tahun 2016, silahkan UNDUH melalui link yang ada



Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !