-->
Humas

Langkah-langkah Pendaftaran Calon Peserta UN SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2016 Berbasis Dapodik

Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat Siang para sahabat semuanya. Infodisdikkukar tak bosan-bosanya berbagi informasi yang mungkin berguna bagi teman-teman operator sekolah. Informasi ini mengenai Langkah-langkah Pendaftaran Calon Peserta UN SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2016 Berbasis Dapodik.

Bagi sahabat lagi galau menunggu penurunan status di PUPNS, yuk rehat sejenak dan kita cari informasi mengenai Persiapan Pendataan Ujian Nasional Tahun 2016. Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2016 akan menggunakan data Peserta Didik yang terdaftar di Aplikasi Dapodik. Sekolah yang melaksanakan prosedur pendaftaran calon peserta UN melalui Aplikasi Dapodik adalah sekolah yang berada di bawah naungan KEMENDIKBUD dengan bentuk pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK.

Sekolah diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan kemutakhiran data peserta didik calon peserta UN di Aplikasi Dapodik seperti identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik. Verifikasi data peserta didik yang menjadi Calon Peserta UN dapat dilakukan di website Manajemen UN.

Data hasil verifikasi calon peserta UN (Daftar Calon Peserta, DCP) di website manajemen diserahkan oleh sekolah kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Panitia UN di Kabupaten/Kota akan memproses DCP yang diberikan sekolah untuk diproses menjadi data Peserta Ujian Nasional oleh Panitia UN Pusat.

Alur Pendataan UN 2016


Selanjutnya Langkah-langkah Pendaftaran Calon Peserta UN SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2016 Berbasis Dapodik bisa disimpulkan sebagai berikut :

  1. Login di manajemen UN, untuk jenjang SD/SMP silahkan klik di sini, sedangkan untuk jenjang SMA/SMK silahkan klik di sini


     2.  Tampilan Beranda seperti berikut



    
     3.  Tampilan Menu Utama seperti ini




   4.  Selanjutnya bisa diplih Filter PD Berdasarkan NISN
        Data Peserta Didik yang berwarna merah menandakan data Peserta Didik dengan NISN masih kosong  
        atau tidak valid. Lakukanlah verifikasi dan validasi data NISN di vervalpd.data.kemdikbud.go.id



        


5.  Kemudian pilih Pengaturan No. Kursi  





Pilih menu Ubah kemudian Pada kolom Nama Urut Rombel diisikan sesuai jumlah rombel, kemudian jika sudah selesai jangan lupa disimpan. Selanjutnya jika dirasa sudah selesai semua pilih menu Unduh Peserta UN, sekaligus juga Unduh Berita Acara , lalu di printout/dicetak untuk ditanda tangani oleh Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab Pihak Pertama. Berita Acara yang sudah ditanda tangani dan di Cap/Stempel Sekolah segera dikirimkan ke Ketua Panitia Ujian Nasional Kab. Kutai Kartanegara melalui Bidang masing-masing.

Demikian tadi ringkasan Langkah-langkah Pendaftaran Calon Peserta UN SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2016 Berbasis Dapodik. Untuk lebih jelasnya silahkan diuji coba.



Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !